HARYADI & KELUARGA
 
Picture
Kebanyakan orang senang akan buah ini…tetapi sebagian orang tidak menyukai buah ini.
Entah mengapa ada yang tidak menyukai buah ini jika saja mereka merasakan kenikmatan ketika makan buah itu..

Terkadang kita pun merasa kecewa terhadap durian ini..Mengapa? Karena setelah kita membeli durian ini,ternyata
isinya tidak mulus, rasanya asam, ato tidak berasa (dingin).Oleh karena itu, agar kita tidak mengalami hal seperti itu sebaiknya kita harus mengetahui tips cara memilih durian yang bagus, yaitu

- Memilih dari bentuk
Secara logika bentuk buah durian yang bulat akan memiliki ruang yang cukup atau berisi banyak dibandingkan dengan isi buah durian yang berbentuk gepeng. Namun pecinta sejati buah ini, ia akan memilih durian yang berbentuk unik, bukan durian yang berbentuk bulat bagus. Kenapa? Karena buah yang memiliki bentuk unik dan tidak bulat, isinya tebal, manis, dan bijinya kurus. Kata mereka, kualitas lebih utama dari kuantitas isinya. Saya setuju dengan pendapat ini.

- Pilih yang berduri
Tentu saja membeli durian yang ada durinya. Tapi pilihlah durian yang memiliki duri yang jarang, besar dan agak tumpul karena isinya bagus, dagingnya kering dan manis. Disamping itu bisa mengurangi jeritan “Aouw” pada saat membukanya.

-Memeriksa kulit
Pastikan kulit luarnya tidak cacat. Jika ada cacat pada kulitnya (misalnya busuk, ada lubang ulat), isi dalamnya pasti busuk, bisa-bisa semua isinya tidak dapat dinikmati. Dan jangan memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada ujungnya. Retak atau pecahnya kulit durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas sehingga rasa buah tersebut menjadi asam atau tawar.

- Menangkap bau
Durian yang matang akan mengeluarkan aroma yang kuat, dan harum. Untuk itu sebelum membelinya cobalah sedikit merapatkan hidung anda pada durian. Tangkaplah sebagian dari molekul-molekul yang telah menguap dari durian dengan menggunakan hidung yang sehat. Kalau kurang berbau, artinya durian tersebut tidak sempurna matangnya. Dicurigai buah tersebut matang tidak secara alami melainkan telah dikarbit atau diperam. Buah yang seperti ini tidak lagi segar dan rasanya kurang nikmat.

- Menggoncangkan durian
Hei, jangan panik dulu! Memang sih, sebagian pemula sedikit ngeri melakukan aksi ini. Memegangnya saja sulit, apalagi menggoncangkannnya. Untuk menyentuh durian haruslah berhati-hati, makanya sentuhlah ia dengan mesra. Gunakan semua jari tangan dan kedua telapak tangan anda. Tempelkan kedua telapak tangan anda pada buah durian, diikuti dengan jari-jari tangan anda yang bagus itu, dan pegang erat. Dengan menggabungkan seluruh jari dan kedua telapak tangan akan mengurangi tekanan dari durinya. Nah, Kemudian gunakan tenaga pada lengan anda untuk mengangkatnya. Jika berhasil, cobalah menggoncangkannya perlahan-lahan. Setelah yakin anda bisa melakukannya, cobalah menggoncangkan sedikit agak keras. Jika anda merasakan getaran kecil, itu artinya isi buah tersebut kering dan matang, karena isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sedangkan isi yang lembab atau terlalu lunak akan melekat.

- Memukul durian
Kalau anda masih merasa takut melakukan cara di atas tadi, saya akan memberikan ilmu yang mudah untuk mendeteksi apakah daging durian tersebut kering dan matang. Caranya anda cukup memukul-mukul buahnya. Tapi jangan menggunakan pemukul kasti atau pemukul base-ball, apalagi menggunakan tangan sendiri (kecuali anda memiliki ilmu kebal)  . Gunakan gagang pisau, pastikan bunyinya seperti ‘buk…buk….buk….,’ tapi pastikan itu bukanlah bunyi “Buk…, Buk…, Buk, minta duriannya dong!”

Semoga tips ini bermanfaat buat penggemar durian..Dan selamat menikmati durian!

Sumber: http://villany.blogsome.com/2007/06/26/tips-memilih-durian/

 


Comments




Leave a Reply