HARYADI & KELUARGA
 
Picture
Hobi makan durian? Buah yang di juluki ‘Si raja buah’ ini memang banyak disukai, terlebih bagi mereka pecinta durian. Aroma khas durian memang buat ‘ngiler’ apalagi jika daging buah ini tebal dan legit hmm.. pasti ingin lagi dan lagi.

Tapi tahukah Anda bagaimana memilih durian yang baik dan lezat? Ternyata tidak hanya dicirikan dari baunya yang harum loh, ada cara tersendiri untuk memilih durian yang enak dan memuaskan.

Jika biasanya Anda mempercayakan kepada pedagang untuk memilihkan, kini Anda tidak perlu lagi melakukan itu jika tidak ingin merasa kecewa saat durian dibawa pulang. Kadang ada saja kekurangannya, tapi dengan bekal tips dan trik berikut, semoga Anda puas dengan durian pilihan Anda, pulang dan nikmatilah durian yang Anda pilih.

Tips memilih durian lezat

  1. Pilihlah durian yang bulat penuh, hindari yang durian dengan bentuk yang kurang simetris
  2. Perhatikan bagian bawahnya, pastikan durian belum pecah/ terbuka ( kebanyakan durian yang sudah pecah/ terbuka sudah kadaluwarsa)
  3. Periksa tangkainya. Untuk menentukan tebal dan tipisnya daging buah bisa dilihat dari tangkainya. Jika tangkai durian tebal dan pendek, sudah tentu dagingnya tebal, sebaliknya jika tangkainya panjang dagingnya tipis
  4. Cium aroma buah. Durian masak, bisa ditandai dengan mencium aroma buah
  5. Saat memilih durian jangan lupa tepuk-tepuk dengan benda tumpul, jika bergema berarti sudah masak dan bisa dikonsumsi
  6. Untuk menentukan padat dan lembeknya daging durian juga ada caranya, yaitu dengan memperhatikan kulit durian sendiri. Jika kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berdaging padat, tapi jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, daging durian pasti lembek.
  7. Cara memastikan durian matang dipohon dan durian dikarbit (disimpan). Lihatlah bagian batang, durian yang matang di pohon biasanya tangkainya akan bergerigi, karena durian jatuh langsung dari pohonnya, tapi jika batang terlihat rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terlebih dahulu.
Cara mengatasi mabuk durian :

Kebanyakan makan durian memang bisa menyebabkan kepala pusing dan perut menjadi panas, istilah kerennya dinamakan mabuk durian. Cara menetralisirnya sebetulnya mudah, tapi masih banyak yang belum mengetahuinya.

Manggis yang dijuluki ‘Si ratu buah’ bisa membantu menetralisir mabuk durian, usahakan saat mengkonsumi durian, sediakan juga buah manggis. Sebab manggis dipercaya bisa menetralisir.

Cara kuno yang biasa dipakai yaitu dengan menggunakan kulit durian itu sendiri. caranya dengan meminum air yang dituangkan pada lekukan kulit durian. Kulit durian yang berwarna putih memiliki zat penawar untuk alkohol yang terkandung dalam  durian. Buktikan jika Anda penasaran.

kabarinews.com, 12/09/2009


 


Comments




Leave a Reply