HARYADI & KELUARGA
 
Picture
Rencana kedatangan keluarga Cilacap (Mas Yuyung, Mbak Ipuk, Vira dan Gery) sudah ada beberapa hari sebelumnya. Tanggal 23 Desember 2011 pagi hari rombongan dari Cilacap datang bersama ibu dari Purwokerto.

Mereka sengaja datang ke jkt untuk mengajak jalan2 anak2nya lburan di jkt ke tempat2 yang sudah di rencanakan yaitu ke magnum cafe dan kidzania.

Siang hari jam 15.00 dimulai perjalanan ke magnum cafe yang berada di lantai 5 gedung grand indonesia di kawasan bundaran HI. Magnum cafe milik unilever telihat suasananya seperti cafe semacamnya yang tampak remang dengan nuansa es krim.

Menu yang disajikan sebagian besar adalah ice cream dengan variasi campuran macam2. Ada beberapa menu seperti nasi goreng dan lainnya cuma tidak banyak. Target cafe ini lebih banyak ke remaja dan anak2.

Perjalanan pulang selesai dari cafe ini lumayan lama dan hampir 3 jam perjalanan dari thamrin ke pulogebang.

Esok harinya sudah berangkat dari jam 07.00 menuju Pacific palace di kawasan SCBD tringle sudirman untuk buru2 beli tiket Kidzania.

Acara liburan di Jakarta agak terhambat berhubung tetangga depan rumah ada musibah kematian dan tidak bisa kemana mana lagi, sehingga terpaksa liburan di jkt akan dilanjutkan pada semester berikutnya.


 
 
Picture
Tanggal 23 November 2011 adalah hari ulang tahun Mas Andi  yang ke 6. Acara ini diperingati secara sederhana bersama di rumah saja.
Pada pagi hari dari jam 03.00 wib Mama sudah sibuk bikin kue dan sekaligus nasi kuning. Nasi kuning untuk temen-temen Mas Andi yang akan hadir ke rumah makan bersama secara sederhana.

Malam harinya tidak sempet potong kue karena Papa Mas Andi kemaleman pulangnya. Sehingga malam hari berikutnya baru acara potong kue buatan mama dilakukan.

Sebelum potong kue berdoa dulu ya:
Dengan ulang tahun Mas Andi yang ke-6 ini semoga Mas Andi diberikan kesehatan, jadi anak yang pintar, sayang sama orang tua dan kakak kakaknya. Amien.

Lilin dinyalakan dan ditiup oleh Mas Andi,,,,, Fuuuuhhhh.

 
 
Picture
MInggu-minggu ini memang banyak sekali peristiwa pernikahan. Mungkin karena bulan baik. Bulan Haji yang pernuh dengan berkah. Setelah pernikahan Wawan dik Yuke, Wiwik Mbak Ning sekarang giliran Sawitri Mbak Ambar.

Undangan Minggu 20 November 2011 di Sasana Pakarti - Duren Tiga Jaktim. Lokasi sih sudah kebayang jelas. Sehingga persiapan untuk berangkat ba'da Maghrib diperkirakan cukup dengan lama pejalanan 1 jam.

Namun apa dikata ternyata perkiraan tersebut meleset karena jalanan macet total. Disamping selesai diguyur hujan ternyata banyak hajatan di sepanjang jalan. Sudah coba putar balik, cari jalan tikus dan lain sebagainya tetap saja hasilnya sama alias macet. Sehingga sampai di resepsi pernikahan pas jam 21:00.

Alhamdulila pengantin belum turun dari panggung. Selesai bersalaman mengucapkan selamat eh...bener saja panggung langsung kosong.

Mohon maaf Mbak Ambar atas keterlambatannya dan Selamat Atas Penikahan Putrinya.

 
 
Picture
Pernikahan Dwi Prasetyo (Wiwik) dilaksanakan pada 13 November 2011. Tepat bersamaan dengan pelaksanaan pernikahan anak dari Dik Yuke yang juga dilaksanakan pada tanggal yg sama di Tegal. Kesamaan yang tidak disengaja tentunya. Sehinggal keluarga kami tidak bisa hadir ke acara pernikahan dik Yuke. Mohon maaf adanya.

Kabar pernikahan wiwik memang sudah 3 mingguan kami dapat. Sehingga rencana utk menghadiri pernikahan sudah dilakukan. Banyak sudah rencana ke magelang baik utk hadir di pernikahan, sekaligus wisata dlsb. Maklum kan jauh jakarta - magelang sayang kalau hanya cuma utk pulang balik saja. Pengennya sekaligus ngajak jalan jalan anak2 disamping menghilangkan kepenatan perjalanan naik kendaraan.

Namun rencana tinggal rencana karena anak2 punya rencana sendiri2. Dik Andi ternyata mendadak ada acara Manasik Haji ke Istiqlal bersama rombongan TK Al-Izzahnya pada 12 November 2011. Sementara Mbak Ina ada tampil acara di hari seninnya 14 November 2011 juga Mas Ayi juga ada ulangan PJBJ pada hari senin juga.

Jadi daripada cerai berai acaranya maka dengan terpaksa perjalanan menghadiri pernikahan Wiwik di Magelang hanya dilakankan dengan pulang balik seketika juga. Berangkat dari Jakarta pukul 13.00 itupun langsung dari menjemput Mbak Ina yang sedang berlatih drama. Sampai di Comal pukul 23.00 malam hari dan langusung istirahat. Paginya jam 02.00 sudah harus bangun utk siap2 pergi ke magelang pada pukul 03.00. Sampai di Magelang ditempat hajatan jam 08.30 wib setengah jam lebih awal sebelum akad nikah dilakukan.

Sebuah perjalanan panjang yang cukup meletihkan karena hampir kurang sekali istirahatnya dan saat untuk tidur.  Ya demi semuanya berjalan dengan baik dan terpenuhi, Kondangannya terpenuhi dan anak2 juga tidak keteteran karena acaranya memang padat.

Selamat Menikah untuk Dwi Praseyo dan Saadah Munawaroh.

 
 
Picture
Perayaan IDHUL ADHA kali ini keluarga kami menyambut dengan senang hati. Hari raya haji dan kurban ini diawali dengan puasa sunah sekeluarga pada 5 November 2011. Kecuali mamanya anak-anak yang sudah mulai puasa sejak tgl 3 november.Persiapan untuk penyediaan hewan kurban kali ini agak buru2 banget. Hingga hari H-1 sore kami belum dapat hewan kurban yang cocok. Cocok secara budget dan dirasakan murah.

Memang dimana mana banyak jual hewan kurban baik kambing domba maupun sapi. Namun dari segitu banyaknya barang dagangan belum tentu kami mendapatkan kepuasan dari segi harga per kilogramnya. Rata-rata yang di jalan cukup mahal. Kalau pengen murah ya harus usaha cari yang agak jauh sedikit.

Dari pengalaman tahun sebelumnya sebenarnya lebaran kali ini kami ingin hanya memotong kambing mengingat keuangan yang mulai menipis. Namun mas ayi ingin untuk kali ini sapi saja.

Tawaran dari masjid Al-Kautsar adalah seharga 32 ribu/kg sedangkan pedagang yang dipinggir jalan berkisar 34 ribu/kg ke atas bahkan ada yang hampir 40 ribu/kg.

Masih ingat supplier sapi yang kami potong pada idhul adha 2 tahun yang lalu maka kami hubungi via telepon. Pertama diberikan harga 31 ribu/kg kemudian kami coba kontak managernya dari PT KARIYANA GITA UTAMA dan kami diberikan harga teman sebesar 29.5 ribu/kg. Akhirnya diputuskan untuk pesan untuk ukuran 400kg dan dapat juga yang beratnya 402kg.

Rupanya transaksi pembelian tidak begitu mulus. PT KARIYANA minta untuk segera di transfer malem ini juga via BCA. Padahal saldo BCA tidak cukup untuk sejumlah pembelian. Sementara KARIYANA tidak memiliki mandiri. Wah sempat repot ya. Sayang banget kalau nanti kurbannya harus terlambat hari senen baru di potong kan lucu. Panitianya sudah bubar kali.

Untungnya ada tetangga yang baik hati memberikan talangan transfer BCA. Dan selepas maghrib langsung di transfer uang pembelian. Dan malam harinya jam 23.30 hewan kurban yang kami pesan telah datang. Wah lumayan besar juga ya. Sapi dengan warna hitam legam. Sempat saya tanya ke pengantarnya. "Mas sapinya mulus ya!", "Sapi super pak bagus" jawabnya. Orang-orang yang waktu itu nongkrong nungguin jaga hewan kurbanpun ikut senang. "Besar pak sapinya." gumamnya.

Pagi hari sebelum sholah ied kami masih berpuasa. Sholat dilaksanakan di Blok G Pulogebang Permai yang diadakan oleh BPKDI PGP. Jam 7 mulai sholat Ied dan dilanjutkan dengan Khutbah. Rupanya sound systemnya kurang bagus jadi ga terlalu terdengan baik alias senyap-senyap.

Pulang sholat sempat makan bersama keluarga dengan lontong opor. Dilanjutkan menyaksikan pemotongan hewan kurban. Beberapa photo pemotongan kami tampilkan di bawah.

Selasai pemotongan hewan kurban maka Jam 12 siang hingga sore kami ke JHCC untuk menyaksikan pameran komputer INDOCOMTECH 2011.

 
 
Picture
TK Al Izzah tempat sekolah Dik Andi mengadakan acara Bazar untuk kalangan sendiri pada hari Sabtu tanggal 24 September 2011. Acara tersebut merupakan pelengkap pada acara One Day Conseling dengan pembicara Astri Ivo. Kali ini Mamanya Dik Andi tidak mau ketinggalan untuk ikut serta menjadi pengisi stand bazar. Niatannya sebenarnya tidak terencana ketika salah satu temannya yaitu Mama Raihan mengajak untuk ngambil stand 50%-50% dan disetujuinya. Namun pada kenyataanya berhubung jadi banyak dagangan yang akan dijual ya beralih untuk ambil 1 stand sendiri.

Dagangan yang dijual ada 2 macam yaitu makanan dan pakaian. Makanan dipersiapkan dan dibuat sendiri oleh Mama Dik Andi dari mulai Puding 3 Rasa, Soup Timlo, Pepes Ayam, Spagetti Yummy Ala Andi. Sedangkan untuk pakaian hanya menyajikan 2 jenis yaitu jaket sweater anak dan kaos salur anak.

Rupanya pengunjungnya sangat sendikit alian tidak banyak. Hanya beberapa orang tua murd yang hadir seingga banyak peserta bazar yang kecewa karena dagangan tidak laku. Untungnya dari makanan yang dibawa tinggal menyisakan puding 2 paket, pepes 4 pincuk dan soup 3 bungkus. Lumayanlah kalau jual makanan cenderung lebih laku daripada jual pakaian.

 
 
Arisan diselenggarkan pada tgl 17 September 2011di Rumah Mas Jojo di Jl Kemenyan Jagakarsa Jakarta Selatan. Arisan ini juga merupakan acara Halal Bil Halal dari Keluarga Besar Iskandar setelah sebelumnya melaksanakan puasa Ramadhan sebulan penuh.

Acara dibuka pada jam 1 lebih dan dibuka oleh ketuanya Dik Hery. Untuk acara pengocokan arisan kali ini tidak dilakukan karena 2 pemenang sudah ditentukan. Pertama dipesan oleh Tya (anak dari Mas Jojo) dan yang kedua diberikan untuk keluarga Om Wandi agar pada arisan kedepan bisa ketempatan. Hal ini untuk supaya KBI bisa menengok rumah baru Om Wandi.

Beberapa informasi keluarga yang disampaikan adalah sbb:
1. Pernikahan Uti (anak Mbak Ambar) direncanakan pada Bulan Oktober 2011 (tunggu saja undangannya
2. Pernikahan anak Dik Yuke Tegal direncanakan pada 13 November 2011.

Ada kabar baru yang waktu arisan belum disampaikan bahwa anak mbak Ning (Klaten) yaitu Dwi Raharjo juga akan melangsungkan pernikahannya di Magelang pada 13 November 2011 bersamaan waktunya dengan anak Dik Yuke. 
 
 
Picture
27 Agustus 2011
Lebaran 1432H kali ini kami pulang kampung sekeluarga pada hari Sabtu siang 27 Agustus 2011 jam 14:00 dari rumah Pulogebang. Sampai di Comal tgl 28 Agustus 2011 jam 04:00. Lama tempuh perjalanan lebih lama dari biasanya karena dimana mana macet. Itu saja kami sudah melalui jalur tengah untuk menghindari kemacetan parah di jalur utara. Alhamdulillah kami selamat sampai di Comal dapat kumpul dan bertemu dengan Mbah Putri Sri Sudiyati dan Bude Tri di Comal.

29 Agustus 2011
Pengumuman resmi penentuan 1 syawal dari Menteri Agama rupanya diluar perkiraan kami sehingga persiapan motong ayam dan buat lontong sudah dilakukan pada tgl 29 Agustus. Sehingga terpaksa lontong di awetkan di kulkas dan ayam sebagian sudah mulai di cicipi untuk makan sahur.  Hmmmm enak jg ya.... Kami dan anak2 pun puasa kembali.

30 Agustus 2011
Selepas Maghrib tgl  30 Agustus sudah mulai terdengar gema takbir dari musholla2 disekitar rumah dan masjid. Ramadhan telah usai. dan Lebaran Sudah tiba. Anak2 suka cita dan mulai terdengar hiruk pikuk kembang api dan mercon di mana2.

31 Agustus 2011
Pagi hari kami Sholat Ied di masjid besar Jami dan setelah itu kami melaksakan sungkem kepada Mbah Putri. Untuk lebaran kali ini kami sudah tidak bisa lagi mengajak Mbah Putri untuk pergi berkunjung ke Tegal ke Makam Mbah Buyut Iskandar/Siti Khodijah maupun Mbah Fatimah ataupun almarhum/almarhumah yang disemayamkan di pemakaman Panggung Tegal. 

Sore hari kami ke pemakaman Gebyok tempat persemayaman Mbah Kakung di Comal. Setelah itu kamipun langsung jalan jalan ke Pekalongan hingga malam hari.

1 September 2011
Kamis jam 10 pagi kami berangkat ke Purwokerto.  Di Purwokerto kami seharian istirahat di rumah Mbah Putri Elly Suryati. Kami kumpul keluarga di Rumah Palem.

2 September 2011
Kami Sekeluarga berziarah ke makan Mbah Kakung Moelyadidi pemakaman Palem Purwokerto. Sebagian lagi waktu kami untuk jalan jalan di kota.

3 September 2011
Kami Sekeluarga berziarah ke makan Mbah Buyut Sarwiyah/Sandiatmo di pemakaman Kroya.

4 s/d 5 September 2011
Jalan jalan di purwokerto sambil makan di beberapa tempat. Satu tempat yang cukup baru kami singgahi yaitu di daerah Subang dekat dengan Baturaden. Tempat yang cukup jauh dan terpencil dari Kota namun begitu sampai di sana kami cukup kagum dengan penampilan resto yang klasik dan unik dan berada di tengah persawahan. Cukup membuat selera makan meningkat. Tampak diantara kami tambah pesanan menu karena begitu enak masakan di sini. Kapan2 kami ingin mampir kembali sepertinya.

6 September 2011
Kami kembali ke jakarta pada pagi hari jam 07:30. Perjalanan dari Purwokerto sampai Ketanggungan ditempuh normal. hanya 1 1/2 jam saja. Lalu lintas normal tidak padat. Pemudik R4 sedikit sedangkan pemudik R2 masih tampak banyak. Disamping itu Jalan pintas prupuk sudah mulus dan tidak berlubang lagi. 

Sampai di Ketanggungan kami memutuskan melalui jalan biasa (non toll) dan lalu lintas relatif tetap normal akan tetapi sudah mulai keliahatan di jalan2 truk truk besar karena sudah H+7 sudah di ijinkan masuk jalan kembali.

Sampai di Cirebon kami tetap menggunakan jalur non toll dan melewati jalur karangampel. Semuanya berjalan normal dan cenderung lenggang.

Namun sayang setelah kami melawati loh bener kami bertemu kembali alur para pemudik dan disinilah mulai terjadi kepadatan yang sangat dan kepadatan ini hampir merata sampai di bekasi. Kecepatan kendaraan hanya bisa berkisar 20 km/j s/d 60 km./j dan selalu di selingi dengan berhenti seperti layaknya antrian yang panjang dari lohbener s/d bekasi. Perjalanan dari loh bener yang biasanya kami tempuh rata2 3.5 jam s/d 4 jam harus kami tempuh 9 jam. Cukup drastis memang dan kami terlambat sampai di rumah 5 jam lebih dari rata2 biasanya waktu tempuh mudik normal.

 
 
Picture
Jalan jalan ke pulau Penang, Malaysia sudah direncanakan sejak 1 tahun yang lalu. Jalan jalan ini merupakan jalan jalan gabungan paket liburan untuk anak-anak dimulai dari Pulau Penang, Kuala Lumpur dan Singapore.

Kami sekeluarga berangkat pagi dini hari 25 Juli 2011 dari rumah jam 02.00 menggunakan taxi Gamya yang telah di pesan sehari sebelumnya. Karena kami takut ketinggalan pesawat dan takut proses imigrasinya makan waktu walaupun skedul check in pesawat jam 06.00. Cukup lama memang spare waktu sebelum sampai boarding. Intinya bahwa kami tidak ingin ada hal yang menjadi halangan dalam proses perjalanan kami nanti. Mesti berjalan sebagaimana mestinya karena semua proses dibelakang sudah menunggu berdasarkan waktu. Tidak boleh tidak ada yang idle apalagi gagal.


Jam 06.20 tepat boarding dan kami semua di giring menuju ke pesawat. 15 menit kemudia pesawat mulai ada indikasi untuk manuver persiapan take off. Pramugari sudah mulai memperagakan cara2 keselamatan di dalam pesawat. Pesawat sampai di bandara Pulau Penang jam 08:00 karena ada perbedaan waktu dimana jakarta berbeda 1 jam lebih awal dari Penang. 

Sebagaimana normalnya setelah proses imigrasi kedatangan selesai dan bagasi jg sudah diambil langsung buru2 cari taxi menuju hotel yang sudah di pesan sebelumnya. Namun sayang taxi di sini kok ga boleh di muatin dengan penumpang lebih dari 4 orang. Karena kami ber 5 maka harus menggunakan 2 taxi. Waduh mahal donk ya kalau pake 2 taxi boros nanti jadinya. 1 taxi perjalanan ke hotel dikenakan tarif fixed sebesar RM60. kalau 2 taxi jadi RM120 cukup boros jg. Tanya bus tarif lebih murah akan tetapi karena takut nanti halte pemberhentian jauh dari lokasi hotel atau karena pertimbangan barang2 bagasi yang di bawa cukup berat maka diputuskan tetap naik taxi. AKhirnya dengan beberapa kali lobby ke supir taxi dan petugas pertaxian diperbolehkan menggunakan 1 taxi dengan catatan menambah RM10. Yasudah lah daripada nambah 2 kalinya.

Perjalanan cukup lama juga dari bandara ke hotel kira2 2 jam baru sampai di hotel. Hotel yang kami pesan tepat di samping pantai dan hanya 10 meter sudah sampai ke air laut. Pilihan ini sudah direncanakan karena anak2 pasti menyukai untuk main pasir di pantai.

BERSAMBUNG...